Telepon : (0711) 357569 Email : [email protected]

Harga Biji Kakao Perlu Dibuat

2016-08-24
Komoditi kakao menjadi tanaman utuma bagi sebagian besar petani, terutama di sentra utaman penghasilan kakao seperti di sulawesi sejauh ini harga kakao di tingkatk petani relatif baik dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Walaupun godaan petani untuk menganti tanaman kakaonya ketanaman lian, seperti kelapa sawit, masih sangakat memungkinkan. Hal ini harga kakao relatif mudah goya.

Banyak para pengumpilan biji kakao yang menawarkan harga dengan uang cash, menjadi pilihan petani untuk segerah menjual kepada pedagang pengumpul. Walaupun harganya sering dianggap kurang menguntungkan bagi petani. Namun karna petani memang sangat membutuhkan uang segera mungkin, maka petani selalu menjualnya kepedang pengumpul yang langsung ke petani memang memberikan keuntungan bagi petani, walaupun harganya relatif murah ditawarkan pedangan pengumpul.

Bagi petani menjual biji kakao kepedangan besar di kotabesar memang menjadi beban tersendiri. Walaupun harga yang di tawarkan lebih baik dari pedangang pengumpul. Karena itu menjual ke pedangang pengumpul memjadi pilihan. Namun kondisi ini berakibat pada harga sering dikendalikan pedangang. Untuk itu, harga biji kakao sebaiknya ditentuhkanmelalui rapat antara petani, perusahaan dan pemerintahan, seperti komoditi kelapa sawit. Sehinga harga bisa stabil dan tidak merugikan petani. Penentuan harga biji kakao ini harus dikuatkan dalam peraturan menteri pertanian.