Telepon : (0711) 357569 Email : [email protected]

Mempercepat Penyediaan Lahan Buat Tebu

2016-08-22
Pemerintahan melalui kementrian pertanian (kementan) terus berupaya merealisasikan program swasembada gula. Untukmempercepat targetnya, kementan membetuk tim percepatan inventasi gula, sapi, jagung, tim tersebut bertugas melakukan pemetaan lahan. Hal ini karena lahan menjadi salah satu faktor sulitnya mewujudkan swasembada gula nasional.

Staf ahli mentri pertanian bidang investasi syukur iwantoro mengatakan, setidaknya terdapat 11 provinsi yang dinilai sesuai untuk perkembangan tebu dan pembangunan gula. Ke 11 provinsi itu antara lain Aceh, sumatera selatan, langpung, sulawesi selatan, sulawesi tenggara, sulawesi tengah, maluku, maluku utara, papau, dan merauke. Syukur mengatakan, lahan menjadi salah satu persoalan yang membuat progra swasembada gula sulit tercapa. Karena hal ini melibatkan instansi lain, seperti kementerian lingkan hidup dan kehutanan, kementerian agraria, dan juga pemerintahan daerah. Tak heran jika masalah lahan pembuat biaya produksi membengkak.

Tidak hanya itu. Selain mencarikan lahan, tim khusus juga melakukan uji coba kesesuaian lahan untuk pengembangan tebu. Dari hasil uji coba dan penelitian itulah ditawarkan kepada investor dalam pengembangan tebu.